Maksud dari 7 Prinsip UU.No.25 Thn 1992

13 Oktober 2009 NeLi Andriani

Maksud dari 7 prinsip UU. No.25 Thn 1992:

1. Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka Maksudnya usaha dan ketatalaksanaannya bersifat terbuka pada setiap anggota dan sifat anggotanyapun harus memiliki sifat suka rela tanpa paksaan apapun.

2. Pengelolaan Dilakukan secara Demokrasi Maksudnya dalam memecahkan masalah harus diadakan rapat anggota karena rapat anggota merupakan kekuasaan tertinggi sebagai pemimpin demokratis diKoperasi. Sifat demokrasi juga berdasarkan satu orang satu suara. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian Nasional yg merupakan usaha bersama.

3. Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dgn besarnya jasa usaha masing – masing anggota. Maksudnya: Sisa hasil usaha tersebut bisa digunakan untuk cadangan kas atau modal koperasi. SHU juga nantinya dibagikan secara merata kepada para anggotanya bagi anggota yg bekerja dan berjasa dalam permodalan maupun pekerjaan di bidangnya masing – masing.

4. Pemberian balas jasa yg terbatas terhadap modal. Maksudnya: Pemberian balas jasa yg diterima tergantung besarnya pendapatan koperasi atas transaksi anggota. Bukan merupakan sumber dari keuntungan usaha dan pembayaran bunga tersebut bersifat tetap dan terbatas.

5. Kemandirian Maksudnya: Koperasi itu didirikan sendiri atas keputusan bersama anggota dan mempunyai tanggungjawab bersama dalam mengembangkan koperasi.

6. Pendidikan Perkoperasian. Maksudnya: Bermaksud untuk meningkatkan pengetahuan para pengurus dan anggota supaya azas – azas koperasi agar lebih mudah diterapkan dalam peraktek sehingga tidak dapat jurang antara cita – cita berkoperasi dan pelaksanaan yg telah ada.

7. Kerjasama antar koperasi Maksudnya: Kerjasama antar koperasi sangat penting agar koperasi tetap hidup dan berkembang sehingga pertumbuhan gerakan koperasi bisa memperjuangkan dan menjunjung martabat manusia..

TUGAS: NELI ANDRIANI ( 20208874 ) RAHMASARI. PUTRI ( 20208989 )

Entry Filed under: koperasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Univ.Gunadarma

Tugas Koperasi

Timmung

Agenda

Oktober 2009
S S R K J S M
    Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Pos-pos Terbaru

Arsip

 
%d blogger menyukai ini: